Selasa, 10 April 2012

Doppleganger

Doppleganger adalah sebuah kepercayaan tentang seseorang yang memiliki kembaran fisik di dunia ini, meskipun sifatnya berbeda. Banyak versi tentang kepercayaan ini, mulai dari kepercayaan bahwa setiap orang memiliki 7 dopplegangers, hingga kepercayaan bahwa seseorang yang telah memiliki doppleganger akan terselamatkan dari bencana, bahkan meraih kesuksesannya.

Banyak orang yang kemudian menyikapi kepercayaan doppleganger ini dengan sangat berlebihan, diantaranya dengan berkelana mencari kembarannya, atau memasangkan iklan-iklan untuk mencari seseorang yang secara fisik mirip dengannya. Tidak hanya itu, para pelaku bisnis juga menggunakan kepercayaan tentang doppleganger untuk meraup pundi-pundi uang. Tentu kita masih ingat acara ASAL (Asli atau Palsu) di salah satu stasiun televisi swasta beberapa tahun lalu. Dengan mempertemukan para tokoh dengan orang-orang yang mirip dengannya, acara ini sempat meraih rating yang lumayan di kala itu.

Namun, terlepas dari doppleganger kita yang mungkin saat ini sedang berkeliaran di bagian dunia yang lain, kita juga harus menyadari bahwa diri kita sendiri juga merupakan doppleganger dari diri kita sebelumnya. Pernahkah kita menyadari bahwa kita yang saat ini, bukanlah diri kita lima tahun yang lalu. Sesuatu dalam diri kita berubah. Lima tahun yang lalu, atau mungkin bulan lalu, atau mungkin kemarin, kita bisa pastikan bahwa kita berbeda dengan kita saat ini. Bahkan meskipun secara fisik tidak berubah, kita pasti menyadari bahwa semesta mengajari kita sesuatu, yang kemudian mengubah pemikiran dan kepribadian kita. Dan saat kita benar-benar menyadarinya, kita akan menemukan bahwa diri kita saat ini adalah orang berbeda dengan diri kita kemarin, namun dengan fisik yang sekilas sama.

Dan di saat itulah, kita menyadari bahwa kita adalah doppleganger dari diri kita yang sebelumnya.

1 komentar:

  1. qta 1dtik lalu bbeda dg qta dtik ini.....nice post gan...

    BalasHapus